Tinggal 196 Hari, Pj Gubernur Sumut: Persiapan PON 2024 Tancap Gas

Avatar

- Redaksi

Minggu, 25 Februari 2024 - 20:43 WIB

4013 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDAN – Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama Provinsi Aceh tahun 2024 tinggal 196 hari lagi. Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin berharap dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan PON 2024 berlangsung sukses dan lancar.

“Harapan kita bukan hanya tiga sukses tapi lima sukses ya. Saat ini kita hitung mundur, ada 196 hari lagi, terhitung hari ini 25 Februari 2024. Apa yang diharapkan dari KONI Pusat bawah kita harus siap menyelenggarakan PON. Persiapan saat ini masih on the track, sampai sekarang kami sedang menyempurnakan perencanaan secara keseluruhan. Kita harap ini tepat waktunya dan tidak ada kendala,” kata Hassanudin, menjawab pertanyaan wartawan pada acara Road to POn XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Benteng Medan, Minggu (25/2).

Untuk mencapai lima sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pelaporan administrasi, sukses ekonomi rakyat, dan sukses pemberdayaan sarana dan prasarana PON, menurut Hassanudin, Pemprov sudah melakukan berbagai persiapan dan evaluasi, mulai dari venue, persiapan para atlet, para pelaku UKM, dan lainnya. “Kita tancap gas, apapun yang bisa dimainkan, mainkan” ujarnya.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hasanudin menyampaikan, ini adalah pelaksanaan PON pertama kalinya yang diselenggarakan di dua provinsi. Maka itu Pemprov Sumut terus berkoordinasi dengan Provinsi Aceh, demi terwujudnya pencapaian lima sukses pada pelaksanaan PON 2024 yang diselenggarakan pada 8-20 September 2024 dan diikuti 38 provinsi se-Indonesia.

Baca Juga :  Kakanwil Kumham Sumut Jahari Sitepu : " Ikuti Jejak Baik Kepemimpinan Ibu Ema Membangun ZI Hingga Meraih Predikat WBK"

“Kami terus berkoordinasi dengan Provinsi Aceh. Mereka (Aceh -red) juga sedang melakukan persiapan dan penyempurnaan semua perencanaan penyelenggaraan PON,” ucapnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumut bersama Wakil 1 Ketua Umum KONI Suwarno, Sekda Sumut Arief Trinugroho, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, serta pimpinan Organisasi Perangkat Darah (OPD) Sumut melaksanakan Fun Run 5K. Kemudian Hassanudin dan Suwarno mengundi nomor peserta Fun Run 5K berhadiah sepeda motor.

Hassanudin juga mengajak seluruh masyarakat Sumut untuk bersama menjaga amanah, bahwa Provinsi Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan PON 2024. “Saya sangat senang bisa berolahraga bersama. Kita sebagai warga Sumut sangat bersyukur dan bangga menjadi tuan rumah PON XXI bersama Aceh. Mari bersama emban amanah ini. Mari kita laksanakan amanah ini. Tentunya bukan hanya sukses menjadi penyelenggara olahraga. Saya minta partisipasinya seluruh masyarakat, tinggal 196 hari lagi, Provinsi Sumut harus siap,” katanya di hadapan seluruh peserta Fun Run 5K yang terdiri dari atlet, pelajar, dan masyarakat Sumut.

Sementara itu, Wakil 1 Ketua Umum KONI Suwarno bercerita kepada para peserta yang mayoritas anak muda. PON pertama kali dilaksanakan di Kota Solo tahun 1948, dikala itu Belanda dan Sekutu datang untuk menjajah kembali Indonesia.

Baca Juga :  Penuhi Kebutuhan Dasar Warga Binaan, Rutan Kelas I Medan Bagi Perlengkapan Mandi

Setelah di Kota Solo, lanjut Suwarno, pelaksanaan PON kedua di Jakarta tahun 1950. Kemudian, tidak adalagi provisi yang siap sebagai penyelenggara PON pada tahun 1953, kecuali Provinsi Sumut. “Jadi Tahun 1953 Sumut itu sudah hebat, sama seperti yel-yelnya saat ini, Sumut Hebat,” katanya bersemangat.

Suwarno berharap pelaksanaan PON di Sumut berjalan dengan baik. PON 2024 akan dibuka di Provinsi Aceh pada 8 September 2024 dan ditutup di Provinsi Sumut pada 20 September 2024 di Desa Sena.”Marilah kita fokus dan jadikan PON sebagai alat pemersatu bangsa,” ujarnya.

Dibanjiri Banyak Hadiah Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibanjiri banyak hadiah. Mulai hadiah hiburan seperti tupperware hingga hadiah utama dua unit sepeda motor. Adapula 22 sepeda gunung dan sepeda listrik.

Selain itu, Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024 juga menyediakan pojok baca yang berisikan tentang pelaksanaan PON di Indonesia. Ada pengenalan para atlet asal Sumut hingga sejarah PON. Pertunjukan dari para atlet Wushu, band, serta marching band juga memeriahkan acara tersebut. Pj Gubernur Sumut bersama seluruh pimpinan yang hadir dan peserta Fun Run 5K berdendang menyanyikan lagu Anak Medan.(Rizky Zulianda) (H21/DISKOMINFOSUMUT)

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Gawat!!! Jalan Rusak, Mesin Mobil Pecah Sangkut Besi Rel di Perlitasan Kereta Api 07 Medan Helvetia
Kantor Hukum SBP & Partners Sesalkan Aksi Penyanderaan Dan Pengancaman Pembunuhan Oleh Kelompok Paguyuban di Sampali
Sedulur Jokowi Medan gelar Pengobatan Gratis
Polri Bongkar Sindikat Love Scamming Internasional Raup Rp 50 Miliar Per Bulan
Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar Terima Sambangan Koramil 14/Raya Kodim 0207/Simalungun
Mama Biring : “Kepala Rudenim Medan Kanwil Kemenkumham Sumut Sarsaralos Sivakkar Adalah Sosok Pemimpin Menginspirasi”
Pemberitahuan Aksi Wajib Membuat Surat Pernyataan, PB HM IKLAB RAYA: Itu Mencederai Demokrasi dan Konstitusi
Kanit Reskrim Polsek Percut Sei Tuan Iptu Japri Simamora SH Raih S2

Berita Terkait

Sabtu, 10 Februari 2024 - 00:37 WIB

Siap Menangkan Prabowo Gibran, Relawan Presiden UKM Pimpinan H Bustan Pinrang Deklarasi di Kediaman Capres 02

Minggu, 10 Desember 2023 - 08:58 WIB

Yekti Apresiasi, Tahanan Tititpan Polsek Karawaci Yang Lari Berhasil Ditangkap Kembali

Senin, 20 November 2023 - 01:38 WIB

Dukung Percepatan Pembangunan DOB Untuk Papua Sejahtera

Rabu, 25 Oktober 2023 - 01:50 WIB

Dua Minggu Jabat Kalapas Cipinang, Prayer Manik Beri Motivasi ke WBP

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 21:04 WIB

Selamat kepada Mahfud MD Bacawapres RI 2024 berikut surat terbuka dari dr Tunggul

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 20:55 WIB

Dihadiri Lintas Tokoh Sukses Deklarasi AMS Diaspora Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2023 - 20:22 WIB

Galian Kabel Optik di Garut Diduga Sembarangan

Senin, 9 Oktober 2023 - 20:21 WIB

Tolak Pembatasan Wacana Jam Kerja, Ojol Gruduk Kantor Kemenaker

Berita Terbaru